Monday, June 5, 2017

Cara Menggunakan Kamera Nikon D5000

langkah memakai camera DSLR dari merk Nikon. Sangat utama buat Anda yang telah punya DSLR Nikon atau buat Anda yang merencanakan membelinya, tetapi belum tahu peranan menu yang dapat disebut benar-benar banyak. Pada umumnya nyaris semuanya DSLR Nikon di buat dengan penampilan menu yang nyaris sama, kendati ada pula ketaksamaannya. Semakin mahal camera, jadi jadi lebih banyak menu serta feature yang ada. Jadi contoh, pada Nikon D3100 tidak ada menu untuk feature IR remote, sedang dibanyak seri lain ada. 

Tarik tuas DSLR Anda ke on, lalu saksikan monitor LCD serta tekan tombol menu. Terlihat ada sekitaran 6 menu paling utama yang salah satunya yaitu Playback Menu, Shooting Menu, Custom Setting Menu, Setup Menu, Retouch Menu, serta paling akhir Recent Setting. Yang kerap diperlukan yaitu Playback Menu serta Shooting Menu. Semasing menu punya sub menu yang miliki peranan sendiri-sendiri. 

Playback Menu 


Pada menu ini dikhususkan untuk lakukan review serta pemrosesan photo yang telah di ambil. Ada sebagian sub menu dalam Playback Menu salah satunya adalah 

Detele, untuk menghapus photo dengan cara selektif, menghapus photo semuanya ataupun cuma menghapus data tanggal. Berlainan dengan tombol shortcut yang diperlukan untuk menghapus photo satu per satu. 
Menu playback folder, untukmenampilkan folder dalam memori camera. 
Display model, untuk memastikan apakah menginginkan menghadirkan RBG, histogram serta data lain pada photo. 
Image review, untuk mengatur apakah photo bakal dipertunjukkan sebagian waktu sesudah di ambil. 
Rotate Tall, untuk merotasi photo portrait biar sesuai sama monitor LCD. 
Slide Show, untuk menghadirkan daftar photo dengan cara automatis. Dengan menu ini Anda bisa pula mengatur seberapa detik satu photo bakal dipertunjukkan. Dapat juga memberikan dampak transisi pada jeda perubahan. 
Print set (DPOF), untuk pilih serta produksi photo yang akan diciptakan. Pastinya mesti diciptakan pada mesin yang cocok dengan DPOF. 
Shooting Menu 



Pada menu ini dikhususkan untuk penyusunan saat sebelum memfoto. Tidak semuanya DSLR Nikon sama tentang feature pada Shooting Menu ini. Sub menu yang ada pada Shooting Menu salah satunya yaitu : 

Set Picture Control, untuk pilih macam warna yang bakal diperlukan. Umumnya ada standard, neutral, vivid, monochrome, landscape serta portrait. Ada juga penyusunan manual pada semasing Picture Control itu. 

Scene Model (apabila ada), untuk pilih type pemotretan, baik itu untuk siluet, sports, night, candle light, beach, kids, high key, low key dll. Menu ini tidaklah selamanya ada pada tiap-tiap seri DSLR Nikon/ 

Manage picture control, untuk memastikan apakah satu photo bakal di save atau tidak. 
Reset Shooting Options, untuk kembalikan semuanya penyusunan Shooting Menu seperti awal mulanya atau standard. 

Image Quality, untuk memastikan kwalitas photo, dengan pilihan JPEG (fine, normal serta basic) ataupun RAW Neff. 

Image size, untuk memastikan seberapa besar photo yang bakal di buat, dimulai dari Large, Medium serta Small. Perincian ukuran tiap-tiap camera berlainan bergantung besarnya pixel. 

White Balance, untuk mengatur serta sesuaikan keseimbangan warna pada semasing keadaan. Ada White Balance Auto, Incandescent, Fluorescent, Flash, Cloudy, Direct Sunlight, Shade serta preset manual di mana masing-masingnya bisa ditata warna dengan cara manual. 

ISO sensivity settings, untuk mengatur berapakah ISO yang diperlukan atau memakai auto. Setiap camera miliki angka macam ISO yang tidak sama. 

Active D-Light, untuk bikin jelas di sisi photo yang gelap. 
Auto Distorstion Control, untuk mengoreksi barel atau distorsi pincushion, waktu memfoto dengan 
lensa type-G, lensa type D, fisheye, serta jenis-model spesifik yang lain. 

Noise Reduction, untuk menolong kurangi noise atau bintik-bintik yang disebabkan pemakaian ISO 
tinggi. 

AF ruang model, untuk memastikan feature AutoFocus apa yang bakal diperlukan. Nikon biasanya menyematkan 4 feature AF ruang model, salah satunya yaitu Single Point, Dynamic ruang, Auto ruang, serta 3D. Titik konsentrasi tiap-tiap camera berlainan jumlahnya. Menu ini dapat diperlukan untuk mengatur konsentrasi pada pemakaian Live view, dengan pilihan Face Priority AF, Wide ruang 
AF, Normal ruang AF, serta Subject Tracking AF. 

Metering, untuk pilih mode-mode metering, ialah Matrix metering, Spot metering serta Center Weighted metering. Metering bermanfaat untuk mengkaji distribusi tonal, warna serta komposisi. Memerlukan lebih dari satu halaman untuk mengulas metering camera. 
Movie Settings (apabila ada), untuk mengatur seberapa besar ukuran serta kwalitas video yang bakal di buat atau untuk memastikan on-off sound. Semasing camera sediakan ukuran video yang tidak 
sama. 

Long exposure NR (apabila ada), untuk meredam noise yang dibuat dari pemotretan dengan setting kecepatan rana lambat. 
Built in Flash (apabila ada), untuk mengatur model flash bawaan camera, apakah memakai TTL atau dengan cara manual. 

No comments:

Post a Comment